Apa sih yang dimaksud Proses Manufaktur?

 


    Pada umumnya, proses manufaktur (manufacturing proses) adalah prosedur yang dirancang utnuk menghasilkan perubahan fisik/kimiawi suatu bahan awal dengan tujuan meningkatkan nilai bahan tersebut.Proses ini biasanya dilakukan sebagai operasi unit, yang berarti dilakukan dalam satu Langkah proses atau beberapa urutan langkan yang diperlukan untuk mengubah bahan awal menjadi produk akhir. Operasi manufaktur sendiridibagi menjadi dua tipe dasar; yaitu Proses Operasi dan Proses Perakitan.

Proses Operasi 

Proses mengubah bahan kerja dari satu keadaan penyelesaian menjadi ke keadaan yang lebih maju atau mendekati produk akhir yang diinginkan, Seperti meningkatkan nilai tambah bahan, mengubah geometri, property atau tampilan bahan awal. Secara umum, operasi pemrosesan dilakukan pada bagian terpisah, tetapi beberapa operasi tertentu dilakukan secara bersamaan . contoh mengecat body mobil yang dilas titik).
contoh proses operasi


Proses Perakitan

Proses yang menggabungkan dua atau lebih komponen untuk membuat entitas baru, yang disebut proses perakitan atau proses penggabungan. Dimana penggabungan satu atau lebih bahan tersebut dapat dilakukan secara permanten dan sementera. misalnya, perakitan besi yang dilas disebut pengelasan dan sifatnya permanent, dan contoh pemasangan dua plat besi menggunakan baut serta mur yang dapat dilepas pasang. 
contoh proses perakitan permanent


Blog ini dikutip dan dirangkum dari buku:
Groover, Mikell P. 2010"Fundamentals of modern manufacturing: materials, processes, and systems, 4th ed"e United States of America: Thomson Digital.

Comments