Berkenalan Dengan Manufacturing.

    

Manufacture

    Membuat atau merancang sesuatu telah menjadi aktivitas penting peradaban manusia sejak sebelum sejarah yang tercatat. Saat ini, istilah manufacture digunakan untuk aktivitas ini. Karena alasan teknologi dan ekonomi, manufacture penting untuk kesejahteraan dan sebagian besar negara maju dan berkembang lainnya. Teknologi dapat diartikan sebagai penerapan sains untuk menyediakan kepada masyarakat dan anggotanya hal-hal yang dibutuhkan atau diinginkan. 

    Teknologi mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, secara langsung dan tidak langsung, dalam banyak hal seperti Pisau, Mesin Cuci, Komputer, sepatu, dll. Mereka mewakili berbagai teknologi yang membantu masyarakat dan anggotanya untuk hidup lebih baik. Apa kesamaan dari semua produk ini? Semuanya diproduksi. Keajaiban teknologi ini tidak akan tersedia bagi masyarakat jika tidak dapat diproduksi. Manufacture adalah faktor penting yang memungkinkan adanya teknologi.

    Dari segi ekonomi, manufacture adalah alat penting yang digunakan suatu negara untuk menciptakan kekayaan materi. Sumber daya alam suatu negara, seperti tanah pertanian, deposit mineral, dan cadangan minyak, juga menciptakan kekayaan. Dalam ekonomi global modern, suatu negara harus memiliki basis manufacture yang kuat (atau harus memiliki sumber daya alam yang signifikan) jika ingin menyediakan ekonomi yang kuat dan standar hidup yang tinggi bagi rakyatnya.

Apa Itu Manufacturing

Kata manufacture berasal dari dua kata Latin, manus(tangan) dan factus (membuat). Sebagai bidang studi dalam konteks modern, manufactur dapat diartikan dalam dua cara, yaitu teknologi dan ekonomi. Secara teknologi, manufacture adalah penerapan proses fisik dan kimiawi untuk mengubah geometri, sifat, dan / atau tampilan bahan awal tertentu untuk membuat bagian atau produk; manufacture juga mencakup perakitan beberapa bagian untuk membuat produk. Proses untuk mencapai manufacture melibatkan kombinasi mesin, perkakas, tenaga, dan tenaga kerja, seperti yang digambarkan sebagai berikut;

Gambar.Dua cara mendefinisikan manufacture (a) dalam proses teknis, dan (b) dalam proses ekonomi.
Gambar.Dua cara mendefinisikan manufacture (a) dalam proses teknis, dan (b) dalam proses ekonomi.


Manufacture hampir selalu dilakukan sebagai urutan operasi. Setiap operasi membawa material mendekati keadaan akhir yang diinginkan.

Secara ekonomis, manufacture adalah transformasi dari bahan menjadi barang-barang dengan nilai lebih besar melalui satu atau lebih operasi pemrosesan dan / atau perakitan. Poin utamanya adalah bahwa manufacture menambah nilai pada material dengan mengubah bentuk atau propertinya, atau dengan menggabungkannya dengan material lain yang telah diubah serupa. Bahan telah dibuat menjadi lebih berharga melalui operasi manufacture yang dilakukan setelahnya. Misal ketika biji besi yang diubah menjadi baja, nilai jual akan bertambah. Saat pasir diubah menjadi kaca, nilai bertambah Ketika minyak bumi yang dimurnikan menjadi plastik, nilai bertambah. Dan ketika plastik dicetak menjadi geometri komplek seperti kursi teras, itu bisa menjadi lebih berharga.

Kata manufacture dan produksi sering digunakan secara bergantian. Pandangan penulis adalah bahwa produksi memiliki arti yang lebih luas daripada manufacture. Sebagai ilustrasi, seseorang mungkin berbicara tentang 'produksi minyak mentah', tetapi frasa “produksi minyak mentah” tampaknya tidak pada tempatnya. Namun bila digunakan dalam konteks produk seperti suku cadang logam atau mobil, kedua kata tersebut tampaknya tidak masalah.


Dikutip dan dirangkum dari Buku,

Groover, Mikell P. 2010 "Fundamentals of modern manufacturing: materials, processes, and systems, 4th ed"e United States of America: Thomson Digital. (Bab I: hal 1-4.)

Comments